Begitu sadar Berat badan bertambah ,biasanya orang akan mulai mencoba mengurangi makannya. Mungkin menghindari sarapan, makan siang sedikit, atau bahkan tidak makan malam sama sekali.
 Anda berharap dengan dikuranginya makan maka tubuh anda akan segera membakar kelebihan lemak dan berat badan anda akan menyusut. Banyak teori yg menyebutkan bahwa masalah obesitas atau kegemukan disebabkan oleh pola makan yg berlebihan sehingga solusinya adalah mengurangi pola makan.
Tubuh anda memiliki mekanisme alamiah untuk bertahan dalam kelaparan dalam beberapa hari. Begitu makanan dikurangi maka tubuh segera melakukan penghematan energi dengan menurunkan laju metabolisme atau Basal metabolik rate. BMR adalah energi minimal yg dibutuhkan tubuh dalam keadaan istirahat total.
Padahal untuk membakar kelebihan lemak tubuh justru membutuhkan energi lebih besar. Penurunan berat badan yg terlihat diawal diet adalah merupakan pengurangan sejumlah air dan glikogen (persediaan energi yg disimpan dalam organ hati),bukan kelebihan lemak.
Kalaupun ada lemak yg terkikis jumlahnya pun tdk berarti.Diet Yo-yo atau diet rendah kalori yg dilakukan secara Berulang ulang dapat mengganggu keseimbangan metabolisme,keseimbangan hormon,serta menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyakit2 lain.
Mekanisme tubuh juga memiliki  pusat pengendali nafsu makan pada otak , yang berfungsi sebagai pengukur kecukupan gizi dalam darah. jika kecukupan gizi terpenuhi, appested akan memberikan isyarat cukup pada tubuh. Sebaliknya Jika gizi kurang maka appested akan memberikan sinyal kurang sehingga tubuh akan terus merasa lapar.
Melakukan diet diet  keras dalam jangka panjang memang dapat menghilangkan sejumlah besar lemak, tetapi sekaligus juga menghilangkan sejumlah otot dari organ vital tubuh dan otot tubuh yg lainnya. Keburukan dari diet semacam itu adalah begitu kita kembali ke pola makan semula maka yg dipulihkan terlebih dahulu adalah justru jaringan lemaknya sehingga tubuh tampak bergelambir dan lebih gemuk daripada sebelumnya.hal inindisebabkan oleh BMR yg belum siap mengantisipasi perubahan pola makan sehingga makanan yg baru masuk tidak dapat dimobilisasi secara Normal.
Dengan DIET HERBALIFE keadaan seperti itu tidak akan terjadi, karena dengan diet herbalife anda mengurangi asupan kalori tapi asupan nutrisi,vitamin dan mineral yg dibutukan oleh tubuh tetap terpenuhi.